Sudah lebih dari bulan aku belajar di Pare, aku merasa tempat ini memang cocok untuk orang-orang yang cukup malas kaya’ aku. Aku ngerasa disini aku dituntut untuk belajar bahasa, karna kalau tidak aku akan menjadi orang yang sangat pendiam terutama di Campku. Atau ga, aku bisa jadi orang yang paling dermawan yang setia memberi sumbangan atas punishment yang aku lakukan. Yah….mungkin karna itu aku bertekad untuk bisa. Semalas-malasnya aku, aku tetap bertekad mau jadi orang rajin. Setidaknya untuk satu bulan ini aja. (hehehe).

Aku suka hidup disini. Dikelilingi orang-orang yang punya tujuan sama dengan ku. Ingin bisa berbicara dengan bahasa inggris. Yah, itulah tujuan utama mereka datang ke desa kecil ini. Aku ingin bercerita tentang kegiatan yang aku lakukan disini. Hal yang pertama yang ingin aku ceritakan yaitu tentang kebingunganku tentang kelas TOEFL yang aku ambil pertama kali. Aku bingung, kok susah banget yah??? Ternyata aku baru tau, kelas TOEFL itu berisi orang-orang yang sudah menguasai semua materi bahasa inggris, sedangkan aku?? Hufff….. betapa aku merasa menjadi manusia terbelakang…tapi tenang, alhamdulillah, aku dengan usahaku, aku bisa sedikit mengerti tentang english.

Selain kelas TOEFL, aku juga mengikuti kelas Speaking 1 yang di bimbing oleh Mr.Khairul Amir, Grammer oleh Mr.Nur yang bertempat di Able and Final, kemudian aku juga mengikuti kelas Pronounsesion yang dibimbing oleh Mr.Toto di Global-e, dan aku private dengan Mr.Puthut untuk Speaking dan Pronounsesion. Sungguh sibuk memang. Tapi aku belum merasa cukup dengan itu, ada seseorang yang cukup ahli dalam Grammer yang bersedia membantuku mempelajari basic Grammer dengan penuh kesabaran. Yaitu Umar. Bukan Mr.Umar. kenapa? Karna banyak faktor yang mendukung untuk tidak menyebutnya sebagai Mr. Umar (hehehehe, umar jangan ngamuk yak… ^^ ) ga lupa dengan miss.Ifa yang selalu siaga ketika aku berbahasa indonesia. Dengan ini aku bisa tertuntut untuk berbica bahasa inggris setiap saat ketika aku di Camp.
Dengan aktifitas keseharian yang dimulai dari jam 06.00 pagi sampai dengan pukul 08.00 malam dan istirahat hanya 1 jam 30 menit, berat badan ku berhasil menjelit naik. Lho? Kenapa gitu? Aku pun bingung, padahal aku berharap dengan kesibukan ini aku bisa memperkecil angka untuk berat badanku. Ternyata…..OH MY GOD!!!! Tak heran jika Mr.Amir dan kawan-kawan memanggilku dengan panggilan Miss.Bom-Bom….thank you any way…

Terima Kasihku…

Aku sungguh berterimakasih sama semua orang yang telah membantuku disini. Buat Mr.Amir yang selalu berkata “Saya kan orang baik…” hahaha meskipun kadang itu terdengar seperti fitnah belaka, tapi sekarang aku akui, itu benar (tapi kadang-kadang, hahahaha). makasih banget, thanks a lot, thankyou so much, mokasih nian, Matur Suwun Sanget, dah mau ngajarin aku segala hal….. thanks for everything… oiya, ga lupa, terima kasih atas partisipasinya dalam mensosialisasikan Miss.Boom-boom sebagai nama baruku (arrrrgggghhh!!!!!! ) terima kasih atas ilmu dan pengalaman yang telah di transfer kepada kami baik ikhlas maupun terpaksa, (hahaha), dan selamat menempuh hidup baru, (cieeeeee….. ting-ting) mudah-mudahan jadi keluarga sakinah, mawaddah, wa rohmah… ntar klo punya anak, mudah-mudahan mirip sama aku dan lela, hahahaha.

Terima kasihku buat Mr.Toto yang telah sedia membantuku dalam memperbaiki aksen englishku. “Sekarang dah lumayan ni Mr… Agak enak untuk di dengar, meskipun lebih baik tidak mendengarnya, hehehe..”. aku mendoakan, mudah-mudahan cita-cita Mr.Toto untuk belajar di Eropa bisa tercapai dengan mudah, amiiiin…. Buat Young Brother, Umar. Terima kasih atas “the Key of tenses” nya yang bisa bikin aku pensiun jadi orang paling bego tentang tenses. Inget, jangan buka cabang dimana-mana. jangan lupa best word yang aku kasih “OGAH!!” dan “HERAN DEH!!”(hahahhaha.. peace!!! ).

Buat miss.Ifa yang ga pernah bosan untuk memberiku teguran berupa punishment yang akhirnya mampu memunculkan keberanianku dalam berbicara berbahasa inggris. Terima kasih juga ya miss atas Vocab-vocabnya.. (maap. fotonya miss.ifa aku ga punya, hihi) buat Mr.Phutut, thank you banget dah mau meluangkan banyak waktu untuk membimbing aku. Terima kasih atas ilmu-ilmunya..buat Mr.Meep, Mr.Hadi, Miss.Bi-ul, Mr.Iwan dan semua teman-teman yang ada di Camp, terima kasih banyak, ga tau apa jadinya aku tanpa kalian….huhuhu….kapan-kapan aku akan kesini lagi…

Oiya, ga lupa. buat adek-adekku yang datang dari sebuah pesantren yang ada di Jombang, (yang aku ga tau persis nama pesantrennya) Arif, Mbah, Azam, Kukuh, dan yang lainnya (maap, ga disebutin semua…kebanyakan, hehe), jangan malu buat ngomong english.. coba aja terus, “jangan takut benar”. kita masih belajar, jadi wajar kalau kadang-kadang kita salah,. terus cari tau apa yang kamu belum tau….okeh??? KEEP SPIRIT!!!!

buat teman-teman yang lain yang masih dalam perjuangan, percaya sama diri kita sendiri.

“YES, WE CAN!!” (pinjem kata-katanya ya Mr.Toto… :D)