Kebiasaan murid-murid kursus bahasa Inggris di Pare setiap hari Sabtu dan Minggu itu jalan-jalan. Rombongan bisa dari kost2an atau dari tempat kursus. Banyak banget tempat wisata di sekitar Pare yang sebagian besar cuma ditempuh dengan 1x naik bis atau naik kereta2an/odong-odong bahkan dengan sepeda ontel. Kalo yang mau rental mobil+sopir juga bisa, di Pare banyak rental sepeda ontel, mobil dan motor
Kita mulai dari wisata yang deket yaitu :
  • Kolam renang AL-Fiil di pertigaan arah ke lapangan Chanda Birawa, hehehee, disini juga bisa fitness lhooooo.. 
  • Lanjut ke GP (Garuda Park) disini tempat andalan anak2 Pare buat nongkrong tapi sekarang ada taman yang lebih menarik dan lebih luas yaitu di Kilisuci.
  • Alun-alun kota Pare juga bisa buat wisata, apalagi kalo malem, banyak banget penjual makanan.
  • Goa, Candi, dan Kolam Renang Surowono. Yang paling terkenal itu goanya, goanya sempit, cuman cukup 1 badan, jadi maaf banget buat yang badannya overweight ga bisa masuk. Dan dari atas goa keluar airnya. Kadang kita sampe harus jongkok, saking sempitnya itu goa dan airnya bisa sampe leher kita.tapi tenanggg, ada pemandunya kok… Tiket masuknya cuman Rp 3000 lhooo…
  • Jatim Park, disini itu katanya perpaduan antara Dufan, TMII, Waterboom, dan Taman Safari. Tiket masuknya Rp 50.000. Kalo dari Pare, kita bisa naik bus Puspa Indah dari Jl. Brawijaya dengan ongkos Rp 15.000.
  • Gumul, letaknya ada di simpang 5 Kediri. Gumul itu bangunan berbentuk gerbang yang mirip kaya di Perancis, bagus deh. Kalo kalian mau foto2nya jelas, mendingan kesini pagi atau siang. Tapi kalo malem juga bagus lampu2nya, dan tiap malem di bawah gumul itu sepanjang jalan ada berbagai macam penjual makanan.
  • Pantai Pasir Putih, Trenggalek, letaknya lumayan jauh dari Pare, kira-kira 2jam perjalan dan medan yang naik turun, kelak-kelok. Tapi rasa cape di perjalanan terbayar kalo kalian sampe di pante. Pertama dateng Ayud agak kecewa karena pantainya itu kecil banget, tapi setelah liat sekeliling, subhanaLLah, ternyata lautnya itu dikelilingi bukit2 jadi kita ga bisa liat ujung lautnya, berasa di Raja Ampat,heheehe. Pemandangan sekeliling itu bagus baget, batu-batu karangnya besar-besar.
  • Goa Lawa, letaknya dideket Pantai Pasir Putih. Diharapkan kalian pake sendal yang ga licin yaa, soalnya didalem dua itu licin banget. Dan bawa minum, tangga menuju goanya cukup melelahkan.
  • PohSarang, Kediri, semacam goa Maria. Disini kaya goa Maria di kota-kota lain, tempat ibadah umat Kristiani.
  • Gunung Klotok, kalo kesini bagusnya itu sore menjelang malam. Pemandangan dari puncak gunung ini bagussss banget, tapi membutuhkan perjuangan yang bener-bener deh. Tangga menuju atasnya itu banyak banget dan sudutnya minta ampun tajamnya. Belom lagi kalo hampir sampai puncak, anginnya gede banget bisa bikin kita masuk angin.
  • Gunung Kelud, yang ini tidak kalah menarik, selain tidak terlalu jauh dari Pare tempatnya juga bagus dan perjalanannya sangat menantang karena harus menaiki gunung dengan kendaraan bermotor dan jika kita kurang lihai maka kendaraan kita bisa mundur… Perjalannya 3x lipat kesulitannya daripada gunung klotok,hehehe..

Itulah tempat-tempat yang biasa di kunjungi anak-anak kursusan di Pare. Namun  tidak sedikit dari mereka yang menghabiskan waktunya untuk istirahat di kos/camp sambil belajar pada hari Sabtu dan Minggu… 🙂

AlFiil
Pantai Pasir Putih, Trenggalek
Pantai Pasir Putih
Lapangan Tenis
Alun-alun Pare
Gumul, Simpang5 Kediri
Lorong Menuju Gumul